Usaha Kecil dan
Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang
mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp
200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang
berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian
Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang
usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi
untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”
Iklan
adalah “ kegiatan memberitahukan atau menginformasikan suatu hal, barang, atau
jasa melalui media massa baik online maupun ofline. Media yang digunakan,
antara lain televisi, radio, koran, majalah, internet,hp,poster, pamflet,
brosur, spanduk dan sebagainya”.
Mengapa
UKM perlu mengiklankan produknya?
Menurut saya perlu,
karena tanpa adanya iklan, produk UKM akan sulit dikenali oleh masayarakat, hal
ini dapat merugikan pihak UKM itu sendiri. Sedangkan tujuan iklan dari sudut
perusahaan adalah sebagai berikut :
1. Menyadarkan
konsumen dan memberi informasi tentang suatu barang dan jasa atau ide.
2. Menimbulkan
dalam diri konsumen suatu perasaan suka akan barang dan jasa ataupun ide yang
disajikan dengan memberi prefensi kepadanya.
3. Meyakinkan
konsumen akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya
menggerakkan untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang
dianjurkan.
Dari tujuan iklan di atas
dapat diketahui betapa pentingnya para pengusaha UKM untuk membuat iklan
tentang produknya yang tentunya secara langsung dapat meningkatkan penjualan
produknya.
UKM pada
umumnya dijalankan dengan modal yang kecil sehingga penting untuk memilih media
iklan yang tidak terlalu mahal namun bisa dipakai terus-menerus. Beberapa media
iklan yang sering dijumpai diantaranya:
- Poster
- Spanduk
- Brosur
- Pamflet
Contoh
iklan berupa
spanduk adalah salah satu media yang ideal karena memiliki daya tahan yang
tinggi. Hanya perlu memasangnya sekali untuk memajang gambar produk selama
beberapa bulan. Kelemahannya ada pada mahalnya biaya sewa tempat jika memilih
untuk meletakkan spanduk tersebut pada tempat yang strategis. Biasanya akan
dibebankan uang sewa untuk pemasangan dalam kurun waktu tertentu.
Alternatif
lain bisa menggunakan brosur yang bisa dibagikan kepada orang terdekat atau
tetangga. Pastikan kualitas brosur yang dicetak cukup baik dan mudah terbaca
oleh siapa saja. Media cetak dengan kualitas yang buruk akan membuat
orang malas untuk meliriknya bahkan akan membuangnya setelah menyebarkan
brosur.
sumber :
https://ambhen.wordpress.com/2010/10/03/iklan-dan-tujuan-iklan/
http://id.wikipedia.org/wiki/Iklan
http://www.berandalangit.com/media-dan-contoh-iklan-untuk-ukm/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar