Rabu, 19 November 2014

Tugas 4 Ekonomi Koperasi - UKM dan Iklan



Usaha Kecil dan Menengah disingkat UKM adalah sebuah istilah yang mengacu ke jenis usaha kecil yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Dan usaha yang berdiri sendiri. Menurut Keputusan Presiden RI no. 99 tahun 1998 pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”

Iklan adalah “ kegiatan memberitahukan atau menginformasikan suatu hal, barang, atau jasa melalui media massa baik online maupun ofline. Media yang digunakan, antara lain televisi, radio, koran, majalah, internet,hp,poster, pamflet, brosur, spanduk dan sebagainya”.

Mengapa UKM perlu mengiklankan produknya?
Menurut saya perlu, karena tanpa adanya iklan, produk UKM akan sulit dikenali oleh masayarakat, hal ini dapat merugikan pihak UKM itu sendiri. Sedangkan tujuan iklan dari sudut perusahaan adalah sebagai berikut :
1.   Menyadarkan konsumen dan memberi informasi tentang suatu barang dan jasa atau ide.
2.   Menimbulkan dalam diri konsumen suatu perasaan suka akan barang dan jasa ataupun ide yang disajikan dengan memberi prefensi kepadanya.
3.   Meyakinkan konsumen akan kebenaran tentang apa yang dianjurkan dalam iklan dan karenanya menggerakkan untuk berusaha memiliki atau menggunakan barang atau jasa yang dianjurkan.

Dari tujuan iklan di atas dapat diketahui betapa pentingnya para pengusaha UKM untuk membuat iklan tentang produknya yang tentunya secara langsung dapat meningkatkan penjualan produknya. 

UKM pada umumnya dijalankan dengan modal yang kecil sehingga penting untuk memilih media iklan yang tidak terlalu mahal namun bisa dipakai terus-menerus. Beberapa media iklan yang sering dijumpai diantaranya:
  • Poster
  • Spanduk
  • Brosur
  • Pamflet
Contoh iklan berupa spanduk adalah salah satu media yang ideal karena memiliki daya tahan yang tinggi. Hanya perlu memasangnya sekali untuk memajang gambar produk selama beberapa bulan. Kelemahannya ada pada mahalnya biaya sewa tempat jika memilih untuk meletakkan spanduk tersebut pada tempat yang strategis. Biasanya akan dibebankan uang sewa untuk pemasangan dalam kurun waktu tertentu.

Alternatif lain bisa menggunakan brosur yang bisa dibagikan kepada orang terdekat atau tetangga. Pastikan kualitas brosur yang dicetak cukup baik dan mudah terbaca oleh siapa saja. Media cetak dengan kualitas yang buruk  akan membuat orang malas untuk meliriknya bahkan akan membuangnya setelah menyebarkan brosur.

sumber  :
https://ambhen.wordpress.com/2010/10/03/iklan-dan-tujuan-iklan/
http://id.wikipedia.org/wiki/Iklan
http://www.berandalangit.com/media-dan-contoh-iklan-untuk-ukm/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar