Sabtu, 16 Oktober 2010

Pengertian ilmu alamiah dasar

Ilmu alamiah dasar adalah kumpulan pengetahuan-pangetahuan tentang konsep dasar dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Ilmu alamiah atau sering disebut ilmu pengetahuan alam (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. IAD hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja, seperti :
a.       Manusia yang bersifat unik
Manusia adalah makhluk yang lemah dibanding makhluk lain namun dengan akal budinya dan kemauannya yang sangat kuat maka manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia dapat hidup dengan lebih baik lagi. Akal budinya dan kemauannya yang sangat kuat itulah sifat unik dari manusia.

b.      Kuriositas atau rasa ingin tahu dan akal budi
Contoh : tempat tinggal manusia purba sampai manusia modern, contoh lain seperti penyakit setelah ditemukan obat suatu penyakit ada penyakit lain lagi yang dicoba untuk dicari obatnya (HIV AIDS)

c.       Perkembangan alam pikiran manusia
Misalnya kenapa ada pelangi mereka membuat jawaban, pelangi adalah selendang bidadari atau kenapa gunung meletus jawabannya karena yang berkuasa marah. Dari hal ini timbulnya pengetahuan tentang bidadari dan sesuatu yang berkuasa.

d.      Lahirnya ilmu alamiah
Pengalaman merupakan salah satu terbentuknya pengetahuan, yakni kumpulan fakta-fakta. Pengalaman akan bertambah terus seiring berkembangnya manusia dan mewariskan kepada generasi-generasi berikutnya.

e.      Kriteria alamiah
Pengetahuan masuk dalam kategori Ilmu Pengetahuan, bila kriteria berikut dipenuhi,  yakni : teratur, sistemastis, berobyek, bermetoda dan berlaku secara universal.

f.        Metode ilmiah dan implementasinya
Dengan hasil eksperimen dari beberapa peneliti dan bukti-bukti yang menunjukkan hasil yang dapat dipercaya dan valid walaupun dengan keterbatasan tertentu, maka dapat disusun teori.

g.       Keterbatasan ilmu alamiah
kita perlu melakukan pengujian sampai dimana berlakunya metode ilmiah dan dimana metode ilmiah tidak berlaku.

h.      Filsafat ilmu alamiah
Vitalisme, merupakan suatu doktrin yang menyatakan adanya kekuatan diluar alam.
Mekanisme, yaitu penyebab segala gerakan di alam semesta ini dikarenakan hukum alam.
Agnotisme, yaitu untuk menghindari pertentangan vitalisme dan mekanisme maka aliran ini timbul, dimana aliran ini melepaskan atau tidak memperhatikan sisi dari sang pencipta.

i.         Bahasa ilmu alamiah
Adalah bahasa kesatuan yang utuh sebagai bentuk bahasa ilmu alamiah dan merupakan bahasa universal.

j.        Keterbatasan indera manusia
Berdasarkan penelitian terhadap indera, manusia mempunyai kisaran (range) batas yang sangat terbatas.

k.       Peningkatan daya penginderaan
Peningkatan daya indra dapat dilakukan sehingga dapat memperoleh hasil yang tepat.

l.         Pembagian ilmu pengetahuan
Ø  IPS
Ø  IPA
Ø  Ilmu pengetahuan bumi dan antariksa



Sumber : http://abbelnbc2303.blog.com/2010/01/14/pengertian-ilmu-alamiah-dasar/

Pendapat saya :  Menurut saya penjelasan tentang pengertian ilmu alamiah dasar berdasarkan artikel diatas sangatlah jelas dan gamblang. Saya dapat memahami konsep-konsep dan prinsip-prinsip yang terkandung dalam IAD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar