Kamis, 03 Mei 2012

Efek


Efek adalah hasil akhir dari suatu komunikasi, yaitu sikap dan tingkah laku orang, sesuai atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku orang lain itu sesuai maka itub berarti komunikasi berhasil, demikian pula sebaliknya. Efek ini sesungguhnya dapat dilihat dari personal opinion, public opinion dan majority opinion.
1.      Personal opinion
Pendapat pribadi, hal ini dapat merupakan akibat atau hasil yang diperoleh dari komunikasi. Personal opinion adalah sikap dan pendapat sesorang terhadap sesuatu masalah tersebut.
2.      Public opinion
Sering kita artikan sebagai pendapat umum. Pengertiannya adalah penilaian sosial  mengenai sesauatu hal yang penting dan berarti atas dasar pertukaran pikiran yang dilakukan individu secara sadar dan rasional.
3.      Majority opinion
Pendapat sebagian terbesar dari public atau masyarakat. Jika kita berbicara tentang opini atau pendapat maka kita sering mendengar opinion leader, yaitu orang yang secara informal membimbing dan mengarahkan suatu opini tertentu kepada masyarakat.

Sumber : bab4-unsur_unsur_komunikasi.pdf – Adobe Reader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar