Komunikasi dapat kita golongkan menjadi
tiga jenis, yaitu personal, kelompok dan massa. Dari segi sasarannya maka
komunikasi ditujukan atau diarahkan kedalam komunikasi personal, komunikasi
kelompok dan komunikasi massa.
1.
Komunikasi
personal
Komunkasi yang ditujukan kepada sasaran
yang tunggal. Bentuknya bisa tukar pikran dan sebagainya. Komunikasi personal
efektifitasnya paling tinggi karena komunikasinya timbal balik dan
terkonsentrasi.
2.
Komunikasi
kelompok
Komunkasi yang ditujukan kepada
kelompok tertentu. Kelompok tertentu satu adalah suatu kumpulan manusia yang
mempunyai hubungan sosial yang nyata dan memperlihatkan struktur yang nyata
pula.
3.
Komunikasi
massa
Komunikasi yang ditujukan kepada massa
atau komunikasi yang menggunakan media massa. Massa adalah kumpulan orang-orang
yang hubungan atar sosialnya tidak jelas dan tidak mempunyai struktur tertentu.
Pada dasarnya komunikasi dicirikan oleh
sejumlah atribut teretentu. atribut-atribut dan efektivitas komunikasi itu
antara lain :
1.
Terjadinya
komunikasi tidak dapat dihindari
Hampir tidak ada atau hanya sedikit
saja orang yang menghindarkan diri dari aktivitas bermasyarakat. Orang selalu
berusaha mencari interaksi sosial. Apabila saat interaksi terjadi, komunikasi
tidak dapat dihindari akan menimbulkan kontak sosial, jika terjadi kontak
sosial tidak ada hubungannya dengan perilaku.
2.
Komunikasi
merupakan konsep transaksional
Konsep komunikasi sebagai proses
merujuk pada interaksi tak terputus dari sejumlah variabel yang tidak terhitung
banyaknya dengan perubahan terus-menerus dalam nilai-nilai yang diambil dari
variable-variabel itu.
3.
Komunikasi
telah terjadi apabila penerimaan pesan atau informasi telah terpengaruh
Komunikasi telah terjadi apakah
seseorang bermaksud berkomunkiasi atau tidak, jika ini penerima pesan
mengaitkan arti perilaku kedalam persepsinya.
4.
Komunikasi
tidak dapat berdiri sendiri diluar konteks
Apabila dikaitkan dengan persuasi, kita
dapat menyatakan bahwa faktor-faktor konteks dan bukan pesan sering kali
menjadi determinan bagi adanya tanggapan. Persoalan apa yang terjadi jika
konteksnya diubah. Konteks memepengaruhi komunikasi.
Sumber
: bab4-unsur_unsur_komunikasi.pdf – Adobe Reader
Tidak ada komentar:
Posting Komentar