Kamis, 03 Mei 2012

Komunikasi


Komunikasi dapat kita golongkan menjadi tiga jenis, yaitu personal, kelompok dan massa. Dari segi sasarannya maka komunikasi ditujukan atau diarahkan kedalam komunikasi personal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa.

1.      Komunikasi personal
Komunkasi yang ditujukan kepada sasaran yang tunggal. Bentuknya bisa tukar pikran dan sebagainya. Komunikasi personal efektifitasnya paling tinggi karena komunikasinya timbal balik dan terkonsentrasi.
2.      Komunikasi kelompok
Komunkasi yang ditujukan kepada kelompok tertentu. Kelompok tertentu satu adalah suatu kumpulan manusia yang mempunyai hubungan sosial yang nyata dan memperlihatkan struktur yang nyata pula.
3.      Komunikasi massa
Komunikasi yang ditujukan kepada massa atau komunikasi yang menggunakan media massa. Massa adalah kumpulan orang-orang yang hubungan atar sosialnya tidak jelas dan tidak mempunyai struktur tertentu.

Pada dasarnya komunikasi dicirikan oleh sejumlah atribut teretentu. atribut-atribut dan efektivitas komunikasi itu antara lain :
1.      Terjadinya komunikasi tidak dapat dihindari
Hampir tidak ada atau hanya sedikit saja orang yang menghindarkan diri dari aktivitas bermasyarakat. Orang selalu berusaha mencari interaksi sosial. Apabila saat interaksi terjadi, komunikasi tidak dapat dihindari akan menimbulkan kontak sosial, jika terjadi kontak sosial tidak ada hubungannya dengan perilaku.
2.      Komunikasi merupakan konsep transaksional
Konsep komunikasi sebagai proses merujuk pada interaksi tak terputus dari sejumlah variabel yang tidak terhitung banyaknya dengan perubahan terus-menerus dalam nilai-nilai yang diambil dari variable-variabel itu.
3.      Komunikasi telah terjadi apabila penerimaan pesan atau informasi telah terpengaruh
Komunikasi telah terjadi apakah seseorang bermaksud berkomunkiasi atau tidak, jika ini penerima pesan mengaitkan arti perilaku kedalam persepsinya.
4.      Komunikasi tidak dapat berdiri sendiri diluar konteks
Apabila dikaitkan dengan persuasi, kita dapat menyatakan bahwa faktor-faktor konteks dan bukan pesan sering kali menjadi determinan bagi adanya tanggapan. Persoalan apa yang terjadi jika konteksnya diubah. Konteks memepengaruhi komunikasi.

Sumber : bab4-unsur_unsur_komunikasi.pdf – Adobe Reader

Tidak ada komentar:

Posting Komentar