Kamis, 03 Mei 2012

Faktor-faktor yang diperhatikan dalam proses komunikasi


1.      Empat tahap proses komunikasi
Menurut cutlip dan center komunkasi yang efektif harus dilaksanakan dengan melalui empat tahap, yaitu :
a.       Pengumpulan fakta
Untuk berbicara rapat umum perusahaan, pimpinan perlu mencari fakta dan data tentang bisnis perusahaan tersebut, tujuan dan sebagainya.
b.      Perencanaan
Berdasarkan data dan fakta itu dibuatkan rencana tentang apa yang akan dikemukakan dan bagaimana mengemukakannya.
c.       Komunikasi
Setelah planning disususn maka tahap selanjutnya communication atau berkomunikasi.
d.      Penilaian dan analisa diperlukan untuk setiap kali melihat bagaimana hasil komunkasi tersebut. Ini kemudian menjadi bahan bagi perencanaan selanjutnya untuk melakukan komunikasi berikutnya.

2.      Prosedur mencapai effect yang dikehendaki
Wilbur schraam mengatakan : untuk mendapatkan effect yang baik dari komunikasi maka prosedur yang ditempuh adalah apa yang disebut sebagai “ A-A Procedure” yaitu proses dari attention (perhatian) ke action (tindakan).
Ø  Attention (perhatian)
Ø  Interest (kepentingan)
Ø  Desire (keinginan)
Ø  Decision (keputusan)
Ø  Action (tindakan)

Dalam praktek, jika kita berbicara di depan umum, pertama harus dibangkitkan dulu perhatian dari masa dengan berbagai cara untuk menarik perhatian. Kemudian timbulkan kepentingan apa yang disampaikan cocok dengan apa yang dibutuhkan oleh umum. Tahap berikutnya kembangkan keinginan-keinginan untuk menerima komuikasi sebab apa yang kita sampaikan menjawab kebutuha masyarakat. Kembangkan terus kemudian timbul keputusan untuk melakukan pesan yang kita inginkan. Proses terakhir diharapkan menimbulkan tindakan.

Sumber : bab4-unsur_unsur_komunikasi.pdf – Adobe Reader

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar