1.
Empat
tahap proses komunikasi
Menurut cutlip dan center komunkasi
yang efektif harus dilaksanakan dengan melalui empat tahap, yaitu :
a.
Pengumpulan
fakta
Untuk berbicara rapat umum perusahaan, pimpinan perlu
mencari fakta dan data tentang bisnis perusahaan tersebut, tujuan dan
sebagainya.
b.
Perencanaan
Berdasarkan data dan fakta itu dibuatkan rencana tentang apa
yang akan dikemukakan dan bagaimana mengemukakannya.
c.
Komunikasi
Setelah planning disususn maka tahap selanjutnya
communication atau berkomunikasi.
d.
Penilaian
dan analisa diperlukan untuk setiap kali melihat bagaimana hasil komunkasi
tersebut. Ini kemudian menjadi bahan bagi perencanaan selanjutnya untuk
melakukan komunikasi berikutnya.
2.
Prosedur
mencapai effect yang dikehendaki
Wilbur schraam mengatakan : untuk
mendapatkan effect yang baik dari komunikasi maka prosedur yang ditempuh adalah
apa yang disebut sebagai “ A-A Procedure” yaitu proses dari attention
(perhatian) ke action (tindakan).
Ø Attention (perhatian)
Ø Interest (kepentingan)
Ø Desire (keinginan)
Ø Decision (keputusan)
Ø Action (tindakan)
Dalam praktek, jika kita berbicara di
depan umum, pertama harus dibangkitkan dulu perhatian dari masa dengan berbagai
cara untuk menarik perhatian. Kemudian timbulkan kepentingan apa yang
disampaikan cocok dengan apa yang dibutuhkan oleh umum. Tahap berikutnya
kembangkan keinginan-keinginan untuk menerima komuikasi sebab apa yang kita
sampaikan menjawab kebutuha masyarakat. Kembangkan terus kemudian timbul
keputusan untuk melakukan pesan yang kita inginkan. Proses terakhir diharapkan
menimbulkan tindakan.
Sumber
: bab4-unsur_unsur_komunikasi.pdf – Adobe Reader
Tidak ada komentar:
Posting Komentar