Kamis, 23 Oktober 2014

Peranan Koperasi diberbagai Kondisi Pasar



Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna (penerima harga (price-taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar ini bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Semua produk terlihat identik. Pembeli tidak dapat membedakan rfect competition) adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai peapakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.
Dalam pasar persaingan sempurna jumlah perusahaan sangat banyak dan kemampuan setiap perusahaan dianggap sedemikian kecilnya, sehinga tidak mampu mempengaruhi pasar. Beberapa karakteristik agar sebuah pasar dapat dikatakan pasar persaingan sempurna yaitu :
  1. Semua perusahaan memproduksi barang/produk yang homogenitas. Produk yang homogen adalah produk yang mampu memberikan kepuasan (utilitas) kepada konsumen tanpa perlu mengetahui siapa produsennya.
  2. Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan atau informasi yang sempurna. Para pelaku ekonomi (konsumen dan produsen) memiliki pengetahuan sempurna tentang harga produk dan input yang dijual sehingga konsumen tidak akan mengelami perlakuan harga jual yang berbeda dari suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
  3. Output sebuah perusahaan relative kecil dibandingkan dengan output pasar. Jumlah output setiap perusahaan secara inividu dianggap relative kecil dibandingkan dengan jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.
  4. Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar dengan menjual produknya dengan berpatokan pada harga yang ditetapkan pasar karena perusahaan tidak mampu mempengaruhi harga pasar.
  5. Semua perusahaan bebas masuk dan keluar pasar, hal ini disebabkan oleh adanya faktor mobilitasnya tidak terbatas dan tak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memindahkan faktor produksi.
 Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar atau industri yang terdiri dari produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan harga produknya. Meskipun demikian persaingan tidak sempurna tidak mengatakan secara langsung bahwa suatu perusahaan mempunyai pengawasan mutlak terhadap harga produknya.Industry sabun mandi, rokok, obat flu,beras, mie instan, merupakan contoh-contoh yang baik untuk jenis industri ini.

Terdapat tiga model umum di pasar persaingan tidak sempurna, yaitu:
1. Pasar Monopoli
2. Pasar Oligopoli
3. Pasar Monopolistik
Monopoli pada keadaan yang ekstrim, hanya ada seorang penjual dengan kekuasaan monopoli. (disebut sebagai monopoli,berasal dari bahasa yunani mon=satu dan polist=penjual). Ia adalah satu-satunya produsen dalam industry dan tidak ada industry lain yang memproduksi barang substitusi yang sangat mirip.Mungkin hanya beberapa komoditi jasa seperti telepon, gas, air, danlistrik yang benar-benar dikuasai dan dijual oleh penjual tunggal (yang diIndonesia di pegang oleh perusahaan pemerintah).Ciri khas pasar monopoli antara lain:
a. Tidak ada penjual lain yang menjual out put yang dapat mengganti secara baik output yang dijual oleh monopolist.
b. Adanya penghalang (baik alami ataupun buatan) bagi perusahaan lain untuk memasuki pasar.
Hal hal yang memungkinkan timbulnya pasar monopoli adalah:
a. Produsen memilih salah satu sumber daya yang penting dan merahasiakannya.
b. Produsen mempunyai hak paten untuk output yang dihasilkannya.
c. Pemberian ijin khusus oleh pemerintah kepada produsen tertentu untuk mengelola suatu usaha tertentu pula.
d. Ukuran pasar begitu kecil untuk dilayani lebih dari satu perusahaan yangmengoperasikan skala perusahaan optimum, misalnya dalam bidang transportasi listrik, dan komunikasi.

Oligopoli Arti kata oligopoly adalah beberapa penjual. Oligopolies ada 2 tipe.Oligopolies merupakan salah satu dari beberapa penjual yang memproduksi barang yang identik (hampir sama)
.Oligopolist tipe pertama banyak ditemui pada industry pasar. Pada industri ini, sebagian besar produknya hampir homogen dan ukuran produsennya relative besar, misalnya pada minyak bumi, baja, dan alumunium.Oligopolies tipe kedua ditandai oleh industri yang hanya terdiri dari segelintir penjual yang menjual barang dengan diferensiasi produk (jadi bukan barang identik). Barang-barang disebut dideferensiasi jika karakteristik penting barang tersebut bervariasi. Industry kendaraan bermotor menjual produk-produk yang berbeda karena kendaraan memiliki banyak karakter yang berbeda (ukuran,kekuatan, penghematan bahan bakar, dan keamanan).Diferensiasi produk terjadi pada komoditi-komoditi konsumsi, termasuk lemari ice dan ice cream, kemeja dan jeans, penyanyi dan pemain sepak bola. Karena produk diferensiasi para oligopoly berbeda maka, maka barang-barang tersebut sama sekali tidak mempunyai barang pengganti yang mendekati. Tanpa menjadi identik, adillac bersaing dengan Lincoln untuk pasaran mobil mewah, sementara Canon dan Minolta bersaing untuk mendapat pangsa pasar kamera. Oligopoly adalah persaingan di antara beberapa penjual, tetapi persaingan itu sendiri bisa menjadisangat tajam sekali.
Pasar monopolistik merupakan industri yang memiliki banyak produsen di mana perusahaan pesaing bebas memasuki industri dan perusahaan-perusahaan mendiferensiasikan produk mereka. Diferensiasi produk dimaksudkan untuk memenuhi keinginan konsumen, membangun reputasi atas produk yang dihasilkan dan memberikan pelayanan yang baik. Selain kelebihan berupa adanya keanekaragaman produk, efisiensi dan informasi tentang produk, diferensiasi produk juga mempunyai kelemahan yaitu adanya pemborosan, harga produk yang lebih mahal, kesalahan informasi dan kejenuhan masyarakat terhadap tayangan iklan.
Contoh produknya adalah:
a. Makanan ringan (snack);
b. Nasi goreng;
c. Pulpen;
d. Buku;
e. Dan sebagainya.
Sifat-sifat pasar monopolistik:
· Untuk unggul diperlukan keunggulan bersaing yang berbeda
· Mirip dengan pasar persaingan sempurna
· Brand yang menjadi ciri khas produk berbeda-beda
· Produsen atau penjual hanya memiliki sedikit kekuatan merubah harga
· Relatif mudah keluar masuk pasar.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar_persaingan_sempurna
http://ekonomi.kompasiana.com/manajemen/2013/06/26/pasar-persaingan-tidak-sempurna-572113.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar