Selasa, 06 Januari 2015

Tugas 5 Ekonomi Koperasi - Peranan Koperasi Pada saat Ekonomi Lemah dan kuat


Peranan Koperasi Pada saat Ekonomi Lemah dan kuat
Golongan ekonomi lemah
Merupakan kelompok masyarakat yang mempunyai mata pencaharian dengan penghasilan yang sangat rendah.
Golongan ekonomi kuat
Merupakan kelompok masyarakat yang mempunyai mata pencaharian dengan penghasilan yang tinggi.
Pada dasarnya peranan koperasi terhadap ekonomi adalah :
  1. Membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khusunya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya.
  2. Berperan serta aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.
  3. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional.
  4. Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.
Peranan koperasi terhadap ekonomi Lemah
Peran koperasi sangat berpengaruh terhadap golongan ekonomi lemah. Yaitu dapat membangun potensi dan kemampuan golongan ekonomi lemah dan dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya. Kemudian dapat berperan aktif dalam upaya mempertinggi kualitas golongan ekonomi lemah.
Selanjutnya dapat memperkokoh perekonomian golongan ekonomi lemah sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional. Dan berusaha mewujudkan perekonomian naional yang merupakan usaha bersama atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.
Peranan koperasi terhadap ekonomi kuat
Koperasi sangat berperan terhadap golongan ekonomi kuat. Seperti dapat mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi golongan ekonomi kuat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya. Kemudian ikut serta berperan aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan golongan ekonomi kuat.
Selanjutnya dapat memperkokoh perekonomian golongan ekonomi kuat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional. Dan berusaha untuk mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar